Cara Upload CSS atau JS Menggunakan Dropbox

Seperti yang ktia ketahui, setiap kali kita akan mengupload CSS atau JS untuk keperluan Web Desain, kita perlu mengupload nya ke yourjavascript atau ke web yang menyediakan jasa  CDN.

CDN merupakan singkatan dari Content Distribution Network atau istilah umumnya mendistribusikan file berupa HTML, Javascript, CSS, gambar dan lain-lain ke dalam sebuah sistem yang dapat di akses dari berbagai tempat dengan cepat dan handal.

Sama halnya para blogger yang ingin mengupload js atau css nya supaya dapat di akses oleh banyak blogger. Mungkin untuk para pelanggan hosting atau sejenisnya mungkin hal ini tidak perlu dihiraukan, berbeda dengan para pengguna gratisan, mereka memerlukan tempat untuk menyimpan file tersebut dan supaya lebih awet untuk menyimpan script tersebut.

Kali ini saya memberikan solusi tepat untuk para blogger yang ingin mengupload file js, css, atau apapun itu tanpa harus ribet, yaitu kamu tinggal menggunakan Dropbox. Dropbox? Ya, Dropbox.

Ternyata Dropbox bisa kita buat CDN loh, kamu hanya tinggal upload dan ada beberapa cara supaya file tersebut bisa kita baca sama seperti halnya kita mengupload js, css ke jasa upload lainnya. Saya juga menggunakan dropbox ini untuk kebutuhan saya.

Berikut ini adalah cara Upload CSS atau JS Menggunakan Dropbox.
1. Kamu harus daftar terlebih dahulu ke dropbox.com. Jika kamu sudah punya akunnya, tinggal skip cara pertama ini.
2. Lalu Upload file css atau js ke dalam dropbox kamu.
3. Setelah itu klik tombol share, lalu copy link share tadi.
4. Setelah itu ubah link nya, contoh: "https://www.dropbox.com/s/nsn9y6kytgg1qqb/kanggira.js" ubah www dengan dl seperti berikut "https://dl.dropbox.com/s/nsn9y6kytgg1qqb/kanggira.js"
5. Setelah itu pastekan di web browser kamu, kalau isi dari file tersebut bisa kamu lihat berarti tinggal kamu gunakan di script yang ingin kamu gunakan file tersebut.
6. Contoh scriptnya seperti berikut:

<link href="https://dl.dropboxusercontent.com/s/nsn9y6kytgg1qqb/kanggira.js" rel="stylesheet"/>
<script src="https://dl.dropboxusercontent.com/s/nsn9y6kytgg1qqb/kanggira.js" type="text/javascript"/>

Mudah bukan? Sekian tutorial untuk Upload CSS atau JS Menggunakan Dropbox. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan berkomentar.

Comments