Efek Keseringan Ganti Template Blogger Menurunkan Trafik?

Seperti yang kita ketahui, template merupakan hal yang wajib bagi para blogger untuk menarik para pengunjung dan membuat blog mempunyai identitasnya sendiri. Tapi banyak yang sering kebingungan Apakah efek gonta ganti template ?

Kebanyakan para blogger menganggap keseringan gonta ganti template akan berpengaruh terhadap trafik blog, dan alasannya pun beragam pula, tapi menurut saya TIDAK! Kenapa?

Ada beberapa alasan kenapa saya bilang Tidak.
1. Jika kamu mengganti template dengan template yang baru yang lebih SEO Friendly, lebih cepat loading dan lain-lain, saya sarankan untuk Mem-backup template lama, dan ambil Meta Tags yang sebelumnya untuk di pasang di template yang baru.
2. Justru template yang jadul atau tidak responsive serta loading berat membuat para pengunjung enggan untuk berkunjung kembali ke blog kamu, untuk itulah perlu ada perubahan terhadap sebuah tampilan yang lebih clean dan fresh supaya para pengunjung betah.

Jadi alasan itu yang membuat saya mengucapkan tidak terhadap penurunan trafik blog, karena intinya jika kamu ingin mengganti template, salin terlebih dahulu Meta Tags sebelumnya (Blog Title, Blog Description, Keywords).

Tetapi itu tergantung terhadap kamu yang menurut mu benar juga, di blog satu menjelaskan kalau keseringan ganti template akan menurunkan jumlah trafik, terlebih lagi ranking alexa. Di blog satunya lagi juga sama.

Tapi pendapat saya tetap saja TIDAK, kalau perubahan template nya disesuaikan lagi dengan Meta Tags sebelumnya.

Jadi dapat disimpulkan:
1. Terlalu sering mengganti template tidak akan menurunkan trafik, selama Meta Tags masih sama seperti sebelumnya.
2. Pergantian template penting, karena semakin kesini, semakin banyak juga template yang menawarkan berbagai fitur yang membuat trafik blog kamu naik.
3. Jika kamu mengganti template tanpa memperhatikan Meta Tags, loading berat dan tidak SEO Friendly, kemungkinan besar trafik blog kamu akan turun drastis.

Saran saya adalah:
1. Carilah template yang Seo Friendly/responsive, fast loading, dan tampilannya yang lebih baik lagi.
2. Usahakan tidak boleh mengubah nama dan deskripsi blog ataupun domain nya (Kecuali domain di upgrade ke TLD)
3. Template yang baik adalah template yang mempunyai tampilan dinamis, loading cepat, dan ringan. Biasanya itu yang lebih disukai pengunjung.

Itulah pendapat saya mengenai Efek Keseringan Ganti Template Blogger, jika kamu berpendapat lain, silahkan berkomentar untuk kita berdiskusi.

Comments